Jumat, 26 April 2013

Tanda Kunci


1.2  Tanda Kunci (Key Signature)
1.2.1  Kunci G

Notasi garis paranada diatas terdapat dua buah tanda kunci yaitu kunci G dan kunci F.  Notasi diatas menunjukkan bahwa kunci G dan kunci F saling berhubungan dan menunjukkan bahwa nada-nada dalam kunci F lebih rendah daripada nada-nada yang terdapat dalam kunci G.  Nama-nama nadanya disusun secara berurutan untuk memperjelas pengnotasian posisi nada dalam garis paranada.


Notasi 2, kunci G dan nada G

Kunci G berfungsi untuk menentukan nada  G yang terdapat pada garis ke dua dari bawah atau garis ke empat dari atas. 

1.2.2  Kunci F
Notasi 3, kunci F
Tanda kunci tersebut berfungsi untuk menentukan nada  F  yang terdapat  pada garis ke empat dari bawah dan garis ke dua dari atas. Biasanya kunci F digunakan untuk Bass. Nama-nama nada berdasarkan frekwensinya adalah sebagai berikut:







Notasi  4, letak nada

1.2.3  Kunci C
Notasi 5, Kunci C dan nada C

Tanda kunci C terdapat 5 (lima) macam yang dibedakan dari letak tanda kuncinya pada garis paranada. Nada yang terletak di depan tengah notasi tersebut aalah c1, nada berikutnya menyesuaiakan  sesuai dengan posisi/letak nada yang akan berpengaruh pada tinggi dan rendah nada.  Karena letaknya yang dapat berpindah tempat, kunci ini juga sering di-sebut  movable clef.   Tanda kunci ini biasanya hanya digunakan untuk penulisan instrumen biola alto dan cello.

Jika ingin lebih jelas lagi, bisa mengunjungi halaman ini, klik disini

1 komentar:

mau tanya? kalo arti dari tanda kunci itu sendiri maksudnya kayak gimana ya? makasih*

Posting Komentar